Buka Rakor TPID, Sekda M Dianto Minta Diskominfo Kawal Soal Keterbukaan Publik

0
128

Jambitoday.co.id, Jambi – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M Dianto hadiri sekaligus membuka langsung acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Provinsi Jambi, di Grand Hotel Jambi, Rabu (28/9/19).

Kegiatan yang mengusung tema “Peningkatan kualitas pelayanan informasi publik dan teknik penetapan daftar informasi yang dikecualiakan dalam menjawab tantangan keterbukaan informasi publik era digital” ini, di hadiri oleh Sekda M Dianto, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jambi, Nurachmad Herlambang, dan tamu undangan lainnya.

Usai acara, kepada awak media Sekda M Dianto mengatakan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan untuk keterbukaan imformasi publik. Menurut Sekda M Dianto seperti yang disampaikan oleh narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, setiap OPD di Pemerintah Provinsi Jambi atau badan yang ada di Indonesia harus melakukan keterbukaan terhadap masyarakat.

“Ini karena sudah ada undang-undangnya, jadi apapun terkait dengan pemerintahan khususnya yang saya sampaikan tentang kegiatan mungkin dari Renstra, dari RPJMD Pemerintah Provinsi Jambi lalu terkait dengan anggaran pemerintah itu harus bisa di akses oleh masyarakat agar masyarakat tau kegiatan pemerintahan itu eperti apa,” ungkap Sekda M Dianto.

Lanjut Sekda, dengan adanya website yang disediakan oleh pemerintah, masyarakat yang berkepentingan atau membutuhkan data tersebut dapat mengambil melalui website yang telah disediakan tersebut.

“Kalau itu tidak tersedia, dan bagi yang merasa dirugikan itu bisa menuntut dengan pidana. Disampaikan tadi, ada undang-undang juga yang menyatakan kalau data-data yang diminta dan dibutuhkan oleh masyarakat atau kelompok masyarakat tersebut dan mereka merasa dirugikan mereka bisa menuntut kepada penyelenggara negara yang tidak melakukan Keterbukaan Informasi Publik,” beber Sekda M Dianto.

Sekda M Dianto berharap, setelah rakot tersebut berlangsung Dinas atau OPD yang belum melakukan keterbukaan publik agar dapat melakukannya.

“kita berharap ini Dinas Kominfo Provinsi Jambi bisa mengawal ini dan membuat teguran. Buat surat teguran nanti saya yang akan menandatanganinya kepada dinas mana yang tidak hadir kita tegur, Dinas mana yang belum membuka akses keterbukaan publik itu kita juga menyurati dan tegur. Sehingga apa yang dibutuhkan masyarakat ini secara gamblang, secara terbuka bisa diakses siapapun, karena kita penyelenggara pemerintahan ini tidak ada yang harus ditutupi,” pungkas Sekda M Dianto.

(Ari)

LEAVE A REPLY