Antisipasi Kemarau, Petani di Batanghari Diminta Percepat Musim Tanam

0
98
BATANGHARI,JambiToday-Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Batanghari melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura meminta petani khususnya di Kabupaten Batanghari mempercepat musim tanam padi di Tahun 2020.
Bila sebelumnya musim tanam padi di Kabupaten Batanghari dijadwalkan di bulan April dan Mei 2020. Maka, petani diminta melakukan musim tanam maju satu bulan dari jadwal tersebut,  yakni bulan Maret dan April. 
Langkah percepat musim taman ini sebagai antisipasi terjadi musim kemarau, yang mana dari pedoman ramalan BMKG yang terjadi pada bulan Mei 2020. Sehingga dikwatirkan akan berpengaruh terhadap musim panen para petani. 
“Ini salah satu upaya Pemkab Batanghari untuk mengantisipasi terjadinya gagal panen bagi para petani di Kabupaten Batanghari akibat musin kemarau,” kata Kepala Bidang Holtikultura, Isnen. 
Untuk mempercepat musim tanam ini, sambungnya pihaknya telah melakukan langkah- langkah. Seperti dengan memproses pemesanan bantuan benih padi kepada suplayer agar benih dapat segera disalurkan ke Kelompok tani. 
“Tahap awal bantuan benih yang tengah Kita proses ini untuk dua Kecamatan di Kabupaten Batanghari. Dua Kecamatan ini adalah Kecamatan Maro Sebo Ulu dan Kecamatan Mersam. Selanjutnya baru beberapa Kecamatan lainya nanti,” ujarnya. 
Sekedar dikatehui, Pemkab Batanghari telah menargetkan luas lahan 8.230 Ha untuk target panen di Tahun 2020.  Dan langkah percepat musim panen menekan tingginya gagal panen atau fuso sehinggga terget tercapai. 

LEAVE A REPLY