Batanghari Dapat Bantuan Empat Sumur Bor Dari Kemetrian SDM

0
166

BATANGHARI,JambiToday-Kabupaten Batanghari kembali mendapat bantuan sumur bor dari Kementerian Sumber Daya Mineral (SDM) di Tahun 2020. Hal ini diungkap Kepala Bagian (Kabag) Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam, Setda Kabupaten Batanghari, Saiful, Rabu (4/3).

“Untuk Tahun 2020 ini, Alhamdulillah ada empat unit sumur bor yang Kita dapat dari Kemetrian SDM. Empat sumur ini kucuran dananya sebesar Rp 1.5 Milyar. Sedangkan peruntukanya desa mana nantinya belum bisa kita sebebutkan,” kata Saiful, yang dijumpai wartawan diruang kerjanya.

Dikatanya, bantuan dari pusat itu diperkirakan bakal terealisasi pada Juni 2020 mendatang.”Kalau untuk pengajuan Kita di Tahun ini ada 41, namun yang setujui hanya empat. Kita sudah berterima kasih bisa di bantu karena yang mengajukan itu banyak, seluruh Indonesia,” ujarnya.

Bantuan dari pusat tersebut, sambung Saiful, sudah berjalan sejak 2013 lalu. Sampai dengan 2019, tercatat ada 10 unit sumur bor yang sudah dibangun di 10 desa yang ada di Kabupaten Batanghari.

10 desa tersebut yakni Desa Pematang Gadung, Tapak Sari, Terentang Baru, Bulian Baru, Jangga Baru, Petajen, Ladang Peris, Kehidupan Baru, Bukit Sari dan Singkawang.

“Sampai saat ini memang masih banyak desa yang belum dialiri air bersih dari PDAM. Bantuan sumur yang didapat dari puluhan sumur yang kita usulkan tiap tahunnya, juga hanya beberapa unit. Karena banyak daerah di Indonesia juga yang membutuhkan bantuan,” sebutnya.

Menurut Saiful, dari 10 unit sumur bor tersebut, 8 unit di antaranya sudah dihibahkan menjadi aset pemerintah desa setempat. Sumur-sumur bor yang ada kata Saiful, sangat bermanfaat bagi warga-warga desa setempat.

“Dari 8 unit itu, 2 unit di antaranya sudah tidak bisa difungsikan. Yaitu di Desa Pematanf Gadung dan Tapak Sari. Selebihnya berfungsi dengan baik. Ketika sudah dihibahkan, perbaikannya bisa menggunakan dana desa. Dan pihak desalah yang mengembangkannya lagi,” tandasnya

LEAVE A REPLY