Bupati Syahirsah Pimpin Rakor Penanganan Covid-19

0
134

BATANGHARI,JambiToday-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari kembali menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pencegahan dan penanganan Corona Virus (Covid-19) khususnya di wilayah Kabupaten Batanghari, Senin (6/4).

Rakor yang dilaksanakan dihalaman kantor BPBD Batanghari ini dipimpin langsung Bupati Batanghari, Ir H Syahirsah Sy, yang turut dihadiri Kodim 0415/ Batanghari, Kapolres Batanghari dan Kajari Batanghari.

Pada kesempatan itu, Bupati Syahirsah Sy, menyebutkan Pemkab telah mempersiapkan anggaran dalam melakukan pencegahan dan penanganan Corona Virus (Covid-19). Dana yang siapkan sebesar Rp 44 Miliar.

“Anggaran itu diambil dari pergeseran sejumlah kegiatan,” ungkap Bupati Syahirsah.

Dikatakanya, anggaran yang siapakan tersebut tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan dari Pemkab Batanghari bila memang diperlukan. Penambahan anggaran bisa saja, kalau kondisi semakin mengkwatirkan.

“Iya, masih ada peluang penambahan anggaran, masalahnya pelaksanaan Pilkada tahun ini tidak jadi dilakukan. Dan bisa saja, dana Pilkada ini nantinya akan juga dialihkan, namun Kita masih melihat situasi,” ucapnya.

Meski telah dianggarkan secara khusus, namun diakuinya, penggunaan masih terkendala Peraturan Peganti Undang-Undang (Perppu). Sehingga pergeseran anggaran belum bisa sepenuhnya dilakukan.

“Kita masih menunggu Perppu, namun disisi lain Penyebaran covid19 inikan tidak bisa ditunda. Jadi itu kendala kita,” ujarnya.

Adapun dana yang siapakan nantinya akan digunakan untuk keperluan yang penting. Misalnya Alat Pelindung Diri (APD), obat-obatan, dan Alat Tes, begitu juga menyiapkan ruang isolasi di Puskesmas, Rumah Sakit.

“Tidak hanya itu, kita juga akan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat berupa uang tunai sebesar Rp150 ribu per KK. Saat ini kita masih malakukan pendataan bagi siapa saja yang berhak mendapatkannya,”  tutupnya.

 

LEAVE A REPLY