Dinkes Batanghari Ambil Sampel Uji Swab Pasien Positif

0
103

BATANGHARI,JambiToday-Pasca ditemukan satu warga Batanghari yang positif hasil rapit test, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Batanghari, mengambil uji sampel lab tenggorokan atau swab Selasa, (21/4).

Sebelumnya, pasien yang merupakan warga Muarabulian berinisial A (28) telah dilakukan rapid test sebanyak empat kali. Hasilnya pun, pasien yang pernah melakukan perjalanan ke Gowa Sulewasi Selatan ini tetap positif.

“Untuk itu, perlu uji Swab terhadap pasien positif rapid test ini. Dan sampelnya akan diambil melalui sampel di tenggorokan dan Hidung pasien,” kata Kepala Dinkes Kabapaten Batanghari, Elfi Yennie, Kemarin.

Sampel lendir atau swab akan dikirim ke pusat labolatoriun dan tinggal menunggu hasilnya. Apabila hasilnya positif terjangkit covid -19, maka akan segera dilaporkan bawa memang terjangkit Covid-19.

“Seseorang tersebut bisa dinyatakan positif, bila sudah melewati masa uji Swab. Namun kita juga sangat terbantu dengan adanya rapit tes ini. Dan ini sangat berguna untuk mengetahui informasi awal sehingga langkah antisipasi bisa cepat kita lakukan,” ucapnya.

Pasien berinisal A ini sudah empat kali melewati rapid test. Rapid test pertama dilakukan pada hari Sabtu, yang mana hasilnya positif. Kedua dilakukan lagi dihari Senin dan hasilnya masih sama tetap positif.

Kemudian, pemeriksaan kembali dilakukan untuk yang ketiga kalinya, kali ini dengan mengambil dara pena hasilnya tetap positif. Keempat mengambil sampel darah pena tetapi sudah dipisahkan plasmana, hasilnya pun masih positif.

LEAVE A REPLY