Tuntut 7 Poin Terkait Karhutla, Edi Purwanto : Kami Pastikan Akan Segera Kami Tindak Lanjuti

0
129

Jambitoday.co.id, Jambi – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Cipayung Provinsi Jambi yang terdiri dari organisasi mahasiswa seperti PMII Jambi, HMI Jambi, IMM Jambi, GMNI Jambi, GMKI Jambi, dan KAMMI Jambi melakukan aksi demo di depan halaman Kantor DPRD Provinsi Jambi. Kamis (26/9/2019).

Dalam aksinya mahasiswa Cipayung Provinsi Jambi mendesak Dewan dan Gubernur Jambi untuk segera menindak perusahaan-perusahaan yang terlibat Karhutla di Provinsi Jambi.

Adapun tuntutan Aliansi Cipayung Provinsi Jambi diantaranya :

1. Mendesak Pemerintah Provinsi Jambi dan Kabupaten untuk segera menyalurkan bantuan kebutuhan logistik yang mendesak.
2. Meminta kasus karhutla tidak di politisasi.
3. Meminta Pemerintah menfasilitasi terselenggarakannya audiensi Cipayung plus dengan Kapolda, Danrem, DPRD Provinsi Jambi, dan perusahan yang terlibat masalah karhutla dan menyampaikan secara transparan dalam jangka waktu satu minggu terhitung dari hari ini.
4. Mendesak Pemerintah Provinsi Jambi membuat rancangan jangka panjang mengenai pencegahan penindakan dan pemanfaatan.
5. Meminta Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD merekomendasikan kepada Pemerintah Pusat agar perusahan yang terbukti melakukan pembakaran untuk dicabut izinnya.
6. Mendesak Pemerintah membuka seluruh data terkait dengan hutan yang terbakar dan pelaku pembakaran hutan.
7. Mendesak DPRD Provinsi membuat peraturan daerah terkait dengan lahan yang terbakar untuk tidak dikelola selama empat tahun.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto didampingi Sekda Provinsi Jambi M. Dianto, dan Kepala BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah langsung menemui mahasiswa yang melakukan aksi.

Edi Purwanto menyampaikan bahwa dirinya sangat menyetujui atas tujuh point yang disampaikan mahasiswa. “Kami sangat setuju dan sependapat akan segera kami tandatangani, kita juga punya Perda tentang karhutla dan kita tidak akan tinggal diam dan kami pastikan kami akan tindak lanjuti,” pungkasnya.

(Ari)

LEAVE A REPLY