Aliansi Mahasiswa Jambi Desak Presiden Selesaikan Kasus HAM di Indonesia

0
131

Jambitoday.co.id, Jambi – Ribuan Mahasiswa Jambi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Provinsi Jambi yang terdiri dari Universitas Jambi (Unja), Universitas Islam Negeri (Uin) Sultan Thaha Saifuddin Jambi, Universitas Batanghari, Universitas Muhammadiyah dan sejumlah kampus lainnya melakukan aksi. Aksi ini dumulai dari simpang IV Bank Indonesia, Telanai Pura Kota Jambi hingga menuju kantor Gubernur dan DPRD provinsi Jambi, Senin (30/9/19).

Dalam orasinya Korlap Aliansi Mahasiswa menyampaikan Pemerintah dan dewan perwakilan rakyat RI justru membuat serangkaian kebijakan yang mendorong negara pada sistem pemerintahan yang korup, oteriter yang menciptakan ekonomi yang eksploitatif, tidak sejalan dengan janji pemerintah yang membenahi birokrasi yang bebas korupsi. Bahkan membersihkan kasus HAM.

“Hari ini kita saksikan protes berbagi komponen mahasiswa, seakan tak selaras dengan janji pemerintah untuk menyelesaikan HAM, justru hari ini kita saksikan tindakan represif aparat kepolisian terhadap mahasiswa yang mengakibatkan tertembaknya mahasiswa di Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari.”Koarnya.

Adapun tuntutan Aliansi Mahasiswa Jambi dalam aksi tersebut ialah;

1. Meminta DPR RI yang akan di lantik untuk membatalkan pasal dala RUU KUHP, RUU Pertahanan, RUU Ketenagakerjaan, RUU Keamanan dan ketahanan siber lain yang tidak berpihak dengan Rakyat.

2. Meminta presiden Jokowi untuk segera mengeluarkan Perpu KPK, karena dianggap telah melemahkan KPK sebagai lembaga Independen dan bebas dari intervensi.

3. Mengetuk dan meminta pertanggungjawaban kapolri terhadap tindakan represif aparat kepolisian yang tidak manusiawi yang mengakibatkan tewasnya beberapa mahasiswa dalam menyampaikan aspirasi.

4. Meminta presiden Jokowi untuk menyelesaikan kasus HAM di indonesia.

(Ari)

LEAVE A REPLY