Rahima Ajak Anak-anak PAUD Gemar Makan Ikan Cegah Stunting

0
171

Jambitoday.co.id, Jambi – Ketua Forikan Provinsi Jambi yang juga sebagai Bunda Paud Provinsi Jambi, Hj. Rahima Fachrori menghadiri acara Gerakan Edukasi “Ayo Makan Ikan Cegah Stunting” di peringatan Hari Ikan Nasional ke-6 dengan mengusung tema “Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa” bertempat di Ruang Pola Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Kamis (21/11/2019) pagi.

Rahima mengajak anak-anak PAUD untuk gemar makan ikan, karena ikan memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi manusia, terutama bagi anak-anak, baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk kecerdasan otak.

Rahima mengatakan, berbagai kandungan nutrisi ikan sangat baik untuk tumbuh kembang anak, kesehatan fisik dan kecerdasan otak. Rahima mengingatkan anak-anak PAUD supaya tidak menghindari makan ikan dan jangan malas makan ikan, sebaliknya agar suka makan ikan. Kepada orangtua anak-anak PAUD yang mendampingi anaknya, Rahima berpesan supaya tidak bosan-bosannya menyuguhkan ikan kepada anak.

Untuk menambah semangat anak-anak PAUD, Rahima bahkan memberikan hadiah berupa sepeda kepada anak-anak PAUD yang bisa menjawab pertanyaan yang dia ajukan, yakni pertanyaan seputar ikan. Ada 5 unit sepeda yang disediakan sebagai hadiah untuk anak-anak PAUD tersebut.

Rahima pun mengemukakan harapannya dengan gerakan edukasi makan ikan kepada anak-anak PAUD, agar anak-anak Provinsi Jambi menjadi anak-anak yang bertumbuh dengan baik, menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas. Dan, agar jangan ada yang stunting (pertumbuhan kerdil) di Provinsi Jambi.

“Provinsi Jambi memiliki banyak ikan, jadi kita, terutama anak-anak harus rajin makan ikan karena manfaat ikan itu salah satunya untuk kecerdasana anak. Kita berharap anak-anak kita ini anak pintar, Kita berusaha mengurangi stunting di Provinsi Jambi, diantaranya dengan gemar mengkonsumsi ikan. Untuk itu, kita terus mensosialisasikan manfaat ikan,” jelas Rahima.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Tema Wisman menyatakan bahwa kegiatan ini dipelopori oleh Himpaudi seluruh Indomnesia, yang awalnya jam 08.00 WIB seluruh Indonesia serentak melaksanakan gerakan edukasi makan ikan, khusus untuk anak-anak, dalam Jambore Makan Ikan Gemar Makan Ikan, dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi ikan Provinsi Jambi.

(Ari)

LEAVE A REPLY