Target PBB P2 di Batanghari Meningkat Hingga Rp 14 Milyar

0
91

BATANGHARI,JambiToday-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari melalui Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) menargetkan capaian Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan, Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) Rp 14 Milyar di Tahun 2020.

Target in boleh dibilang cukup besar bila dibandingkan target Tahun 2019 lalu, yang hanya sekitar Rp 5 Milyar. Meski demikian, Bakeuda Batanghari sangat optimis target tersebut bisa tercapai berdasarkan objek pajak yang bertabah di Kabupaten Batanghari.

“Kita juga akan menerapkan upaya jemput bola dengan menggunakan sistem pemetaan, untuk memuktahirkan data ganda wajib pajak, agar target tersebut bisa tercapai,” kata Sekretaris Badan Keuangan Daerah, Suparjono ditemui diruang kerjanya Senin (2/3) .

Sejauh ini, sambung Suparjono, petugas telah turun ke beberapa lokasi wajib pajak yang ada di Kabupaten Batanghari. Disini, mareka turun untuk melakukan sosialisasi sekaligus penagihan terhadap masyarakat yang masih menunggak pembayaran PBB P2.

“Alhamdulillah, kesadaran masyarakat akan kewajiban pajak terhadap Pemerintah sudah mulai terbuka dengan  respon baik yang diterima petugas Kita di lapangan. Dan kesadaran ini mudah-mudahan terus berlanjut ke wajib pajak yang lain,” haarapnya.

Sekedar diketahui, pada Tahun 2019 lalu Bakeuda Batanghari menagetkan target PBB P2 untuk Kabupaten Batanghari sebesar Rp 4 939 828 190. Hanya saja, dari target itu yang terealisasi tidak tercapai 50 persen hanya sebesar tercapai sebesar Rp 2 337 239 400.

Terkait tidak tercapainya target 2019 ini, Bekeuda mengaku terkendala beberapa faktor. Misalnya, banyaknya ditemukan data wajib pajak ganda atau no name, serta masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk melaksanakan pembayaran PBB tersebut. 

LEAVE A REPLY