Batanghari Ditunjuk Zona Bebas Korupsi 

0
286

BATANGHARI,JambiToday-Menyusul dengan telah ditunjuk Kabupaten Batanghari menjadi satu satunya Kabupaten zona bebas korupsi di Provinsi Jambi. Tim Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kabupaten Batanghari langsung melaksanakan rapat penetepan zona bebas korupsi di kantor Ispektorat Kabupaten Batanghari, Rabu (4/3).

“Kito ni hari ini rapatnya baru, rapat masalah penetapan zona bebas korupsi karena untuk Provinsi Jambi kebetulan satu-satunya Kabupaten yang tunjuk sebagai zona bebas korupsi,” kata Inspektur Daerah Kabupaten Batanghari, Muchklis, dijumpai sejumlah wartawan seusai rapat penetapan zona bebas korupsi dihalaman kantor Inspektorat Batanghari.

Muchklis sendiri mengaku, belum banyak yang dapat dibahas dalam rapat tersebut. Rapat yang dilaksanakan baru sebatas membicarakanya untuk melakukan perencanaan penetapan zona bebas korupsi di wilayah Kabupaten Batanghari. Jadwalnya yang disepakati perencaaan akan dilakukan pada awal bulan April 2020 mendatang.

“Jadi agenda kami mebicarakanya. Terus nanti mungkin penilaianya di bulan September. Sebelumnya tentu kita harus perencanaan untuk wilayah bebas korupsi mungkin di awal april la kami lakukan dengan mengundang mengundang instansi terkait seperti Gubernur, Kapolda, lembaga adat, Ombusman,” ungkap Mucklis.

Untuk objeknya nantinya, sambungya, diantaranya adalah seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kades/Lurah dan sekolah yang ada khususnya di Kabupaten Batanghari. Komitmennya semuanya, nantinya dapat bebas korupsi.“ Itu yang objek utamanya, harapanya ya semuanya bebas korupsi la,” ucapnya.

Disinggung mengapa Kabupaten Batanghari bisa ditunjuk sebagai zona bebas korupsi di Provinsi Jambi. Mukchlis mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebabnya, namun dirinya menilai karena hasil Monotoring Center For Prevention (MCP) Kabupaten Batanghari merupakan MCP tertinggi khususnya di Provinsi Jambi.

“Nah, itu yang kita tiidak tahu, dak paham Kito macam mano orang nilai kito. Mungkin kareno MCP Kito ini tertinggi. MCP itu kan Monotoring Center For Prevention. Jadi mungkin itu yang menjadi penilaianya karena kita tertinggi di Provinsi Jambi. Ini yang mungkiin menjadi salah satu dasarnya,”  ungkapnya.

LEAVE A REPLY