Kesiapaan Pembangunan Jembatan Desa Singkawang Ditinjau

0
208

BATANGHARIJambiToday-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia (RI) tinjau langsung kesiapan pelaksaan pembangunan jembatan yang menggunakan dana hibah pusat di Desa Singkawang, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Senin (9/3).

Pihak BNPB RI yang tugaskan memantau langsung kesiapan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari dalam melaksanakan pembangunan jembatan tersebut, diantaranya adalah Deputi Rehabilitasi dan Rekontruksi BNPB RI, Ir Rifai M BA.

Turun ke lokasi pembangunan jembatan, rombongan Deputi turut didampingi Sekda Batanghari, Bakhtiar, Kepala BPBD Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Batanghari, Nazhar dan Asisten I Setda Batanghari  Hendri Jumiral.

Deputi Rehabilitasi dan Rekontruksi BNPB RI, Ir Rifai M BA, mengaku kehadiran dilokasi pembangunan jembatan sengaja untuk melihat secara langsung kondisi lapangan. Hal in juga untuk memastikan bantuan dana hibah tersebut dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

“Bahwa pada hari ini Kami (kehadiran di lapangan) untuk melihat secara langsung lokasi,” kata Ir Rifai M BA, yang didampingi Sekda Batanghari dan Kepala BPBD Kabupaten Batanghari ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan  dilapangan Kemarin.

Sekedar diketahui, Kabupaten Batanghari menjadi salah satu Kabupaten dari empat Kabupaten di Provinsi Jambi yang menerima dana hibah BNPB RI di Tahun 2020. Dari total dana Rp 36.9 M, Kabupaten Batanghari mendapat kucuruan berkisar Rp 8 M untuk pembangunan jembatan.

“Iya, untuk Provinsi Jambi yang mendapat fasilitas dana hibah BNPB ada empat Kabupaten/Kota. Empat Kabupaten/Kota diantaranya, Kota sungai Penuh, Kabupaten Batanghari, Sarolangun dan Merangin. Total kucuranya dananya sebesar Rp 36.9 Milyar,” terangnya.

Dikataknya, kehadiran pihaknya dibulan ketiga ini Tahun 2020 sengaja untuk melihat kesiapan dari daerah masing-masing yang telah menerima dana hibah tersebut. Mareka turun untuk memastikan seberapa jauh pelaksaan atau kesiapan daerah dalam penyelengaraan.

“Kalau untuk danaya kan sudah dikirimkan depertemen keuangan ditanggal 28-30 Desember 2019. Makanya di bulan ketiga ini, Kita ingin memastikan seberapa jauh pelaksaan atau kesiapan daerah masing-masing yang menerima dana hibah tersebut, ,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Batanghari, H.Bakhtiar yang mewakili Pemkab Batanghari mengucap terima kasih atas bantuan BNPB RI, yang mana telah ingin membantu Kabupaten Batanghari atas perencananaan pembangunan jembatan yang akan di bangun di Desa singkawang.

“Disini, saya juga sangat bersyukur karena dalam hal pembangunan jembatan ini sangat berguna bagi masyarakat umum, baik itu akses perjalanan untuk anak sekolah, petani perkebunan dan memudahkan masyarakat untuk menuju dari desa satu ke Desa lainnya,” ungkapnya.

Dan perlu di ketahui, sambungnya, dengan adanya pembangunan jembatan di Desa Singkawang ini akan juga akan memudahkan lima Desa yang akan melalui menuju Desa lainnya. Lima diantaranya,  Desa Singkawang, Kelurahan Sridadi, Desa Terentang, Desa Jangga Baru dan Desa Bulian Baru.

“Saya berharap juga untuk pembangunan jembatan ini sebelum bulan Desember sudah dapat digunakan masyarakat. Sebab, jembatan ini sangat di inginkan oleh masyarakat sejak Tahun 2009 lalu. Dan Alhamdulillah, di Tahun 2020 ini sudah dapat terlakasana,”pintanya.

LEAVE A REPLY