Batanghari Siapkan Rp 4.8 Miliar Penanganan Corona Virus

0
114

BATANGHARI,JambiToday-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari siapkan dana sebesar Rp 4.8 Miliar untuk penanganan Corona Virus Disease (Covid-19). Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Batanghari Tahun 2020.

Adapun dana Rp 4.8 Miliar diambil dari dana tanggap darurat dan dana perjalanan dinas. Dengan rincianya, Rp 3 Milyar dana tanggap darurat, Rp 1.8 Miliar dari dana perjalanan dinas. Peruntukannya, untuk pembelian tiga item, di antaranya Alat Pelindung Diri (APD), Rapid Test dan obat-obatan.

“Dana sebesar Rp 3 Miliar tersebut, sebetulnya darii dana tanggap darurat untuk Karhutla di Kabbupaten Batanghari, karena kita telah buat SK (Surat Keputusan) tanggap darurat sebelumnya,” terang Bupati Syahirsah Sy, ketika dikonfirmasi sejumlah wartawan  Senin (30/3).

Selain siapkan dana penanganan corona virus, diakuinya Bupati, pihaknya sedang menginventalisir apabila keadaan makin genting khususnya apabila terjadi di Batanghari dengan mempersiapakan beberapa tempat alternatif untuk tempat isolasi apabila tidak tertampung di RSUD.

“Untuk rumah sakit Kita telah siapkan 8 ruang isolasi, namun bila memang tidak tertampung Kita telah menyiapkan Wisma PKK Muarabulian. Dan apabila diperlukan lagi, Kita akan menggunakan lapangan eks arena MTQ karena di lapangan itu masih ada sisa gedung-gedung MTQ tidak terpakai,” ujarnya.

Bupati Syahirsah Sy sendiri mengharapkan, agar masyarakat tetap mematuhi himbau dari pemerintah dengan tidak keluar rumah (stay home) apabila tidak perlukan sekali, tetap menjaga jarak, menghindari tempat-tempat keramaian dan berprilaku hidup bersih dengan mencuci tangan.  

“Pesan saya dari pada di rumah sakit atau pun di rumah duka, lebih baik di rumah saja. Stop Covid-19,” tutupnya. 

LEAVE A REPLY