Covid-19, Syahirsah Pastikan 27.407 KK Dapat Bantuan

0
113

BATANGHARI,JambiToday-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari segera menyalurkan bantuan kepada masyarakat diwilayah yang terdampak dengan adanya pembatasan aktivitas akibat pendemi corona (Covid-19).

Bantuan tersebut diberi nama Bantuan Batanghari Tunai (BBT) yang berupa uang tunai sebesar Rp 150 ribu per Kepala Keluarga (KK). Sasarannya buruh tani karet, pedagang asongan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Dana yang akan disiapkan pun tidak tanggung-tanggung, Pemkab Batanghari siapkan Rp 7.5 Miliar perbulan. Tahap awal ini, Pemkab akan menyalurkan kepada 27.407 KK, yang tersebar di delapan Kecamatan Batanghari.

Penyaluran akan dilakukan langsung tiga bulan sekaligus terhitung Maret hingga Mei 2020. Dan belum diketahui kapan dana ini akan direalisasikan ke masyarakat, namun informasinya akan dilakukan dalam waktu dekat.

Bupati Batanghari, Ir Syahirsah Sy, mengatakan BBT ini merupakan bentuk kepudulian Pemerintah Daerah kepada masyarakat yang terkena dampak ekonomi dengan adanya wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

“Yang akan menerima bantuan tersebut (BBT). Itu semua di luar dari Bantuan Sosial (Bansos) yang merupakan bantuan dari pusat,” kata Bupati, ketika ditemui wartawan di pendopo rumah dinas Bupati Rabu, (1/4)

Bupati sendiri menjelaskan, dana BBT ini merupakan dana yang sebelumnya untuk beberapa kegiatan ke dinasan. Seperti dana Perjalanan Dinas setiap OPD dan Kepala Daerah di Tahun 2020, Bintek, termasuk dana dari ATK dan Cetak.

“Untuk sementara dana ini dialihkan semua untuk membantu masyarakat. Penyaluran ada non tunai ada tunai. Mareka yang lokasi dekat dengan bank mungkin nanti melalui rekening, sementara yang jauh, akan diberikan secara tunai,”tandasnya.

LEAVE A REPLY