Amir Hasbi : Daerah Sangat Rentan Kerawanan Pangan di Provinsi Jambi Tidak Ada

0
11

Jambitoday.co.id, Jambi – Dalam pemetaan Food Security and Vulnerability Atlas (FSVA) merupakan peta tematik yang menggambarkan visualisasi geografis dari hasil analisa data indikator kerentanan terhadap kerawanan pangan. Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi pernah melakukan pemetaan kerentanan dan kerawanan pangan se-Provinsi Jambi pada tahun 2018, dan hasilnya bahwa Provinsi Jambi cuma ada Prioritas 2, 3, dan seterusnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jambi Amir Hasbi saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin sore (22/06/2020).

“Kita pernah melakukan pemetaan dan kerentanan kerawanan pangan se-Provinsi Jambi ini pada tahun 2018 yang lalu dimana data yang kita butuhkan pada saat itu data tahun 2017 dan 2018 sehingga dalam pemetaan kita di Provinsi Jambi ini tergambarlah bahwa di Prioritas satu karena ada sembilan indikator untuk penyusunan FSVA Peta Indikator Kerentanan terhadap Kerawanan Pangan, kita temukan bahwa di Provinsi Jambi ini cuman ada Prioritas Dua, Prioritas Tiga, dan Prioritas seterusnya, Namun Prioritas Satu kita tidak ada,” ujarnya.

Lanjutnya, Amir mengatakan Prioritas 1 di Provinsi Jambi tidak ada.” Prioritas satu itu yang sangat rentan, rawan terhadap pangan. Alhamdulillah di Provinsi Jambi tidak ada,” sebutnya.

Amir Hasbi menjelaskan di Prioritas 1,2, dan 3 ada 19 Kecamatan. Yaitu 4 Kecamatan Prioritas 2 dan 15 Kecamatan Prioritas 3.

“Nah yang ada Prioritas 2, Prioritas 3 sampai 4,5, dan 6. Namun saya cerita Prioritas 1,2, dan 3 itu ada 19 Kecamatan. Yakni 4 Kecamatan Prioritas 2, dan 15 Kecamatan Prioritas 3. Dari sinilah kita berangkat bahwa upaya apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi Prioritas 1 kalau ada dan di Kecamatan kita tidak ada, Prioritas 2 Menjadi Prioritas 3 dan Prioritas 3 menjadi 4,” jelasnya. (Ari)

LEAVE A REPLY