BLT DD Diperpanjang Hingga September

0
27

BATANGHARI,JambiToday-Bantuan langsung Tunai (BLT) Dana Desa diperpenjang menjadi enam bulan. Ini tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat penerima mamfaat BLT DD.

Hal ini turut dibenarkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Batanghari, Arief Budiman, ketika dijumpai diruang kerjanya.

“Petunjuk sudah ada, yakni Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Desa Nomor 7 Tahun 2020 yang berlaku tanggal 19 Mei,” ujarnya Arief.

Meski bantuan tersebut tetap berlanjut, sambung Arief, ada yang mengalami perbedaan. Perbedaanya ada pada jumlah yang diberikan yang tidak sama dengan sebelumnya.

“Disini ada penurunan untuk besaran BLT periode Juli-September. Jika sebelumnya untuk tiga bulan 600 ribu, kali ini besaran menurun menjadi hanya 300 ribu, ” ungkapnya.

Diakuinya, untuk mengakomodir BLT DD Juli- Sepetember, pihaknya telah mengintruksikan seluruh desa melakukan perhitungan sisa Dana Desa yang tersedia.

“Kita PMD sendiri yakin sisa Dana Desa tahap pertama dan kedua masih cukup untuk BLT Periode Juli hingga September 2020, ” tutupnya.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia mengintruksikan setiap Pemdes agar segera menyalurkan BLT DD untuk tiga bulan, terhitung Mei, Juni dan bulan Juli 2020.

Pasca penyaluran BLT DD bulan Mei, pemerintah pusat kembali mengeluarkan kebijakan baru. Kementerian Keuangan RI telah merevisi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang Pengelolaan Dana Desa.

Revisi yang dilakukan Kemenkeu tersebut menghasilkan Peraturan Menteri Keuangan PMK Nomor 50/PMK.07/2020, berlaku mulai dari tanggal 19 Mei 2020.

Selain BLT Dana Desa diperpanjang, dalam PMK tersebut, pemerintah mengintruksikan agar BLT DD secepatnya disalurkan, guna menanggulangi dampak ekonomi masyarakat akibat Covid-19.

BLT Dana Desa sebelumnya hanya diberikan tiga bulan saja. Namun kini menjadi 6 bulan. Pemerintah pun menaikan anggaran BLT DD dari Rp21,192 triliun menjadi Rp 31,789 Triliun.

BLT Dana Desa sendiri diberikan untuk keluarga miskin di desa yang belum menerima bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), kartu Sembako ataupun program Kartu Pra Kerja.

Dikutip dari Setkab Kementerian Keuangan, BLT Dana Desa diperpanjang menjadi enam bulan. Meski begitu, nilai uang yang diterima tidak akan sama.

Untuk tiga bulan pertama, warga akan menerima uang Rp 600 ribu perbulan. Sementara tiga bulan terakhir, hanya Rp 300 ribu perbulan. Artinya satu KPM akan menerima BLT DD Rp 2,7 ju ta selama 6 bulan.

LEAVE A REPLY