Goyang Lidahmu Dengan 7 Rekomendasi Makanan Khas Jambi Ini

Dari banyak kota besar di Indonesia, Jambi adalah salah satu kota yang unik karena ia merupakan nama provinsi sekaligus nama ibu kota. Bagi kalian yang suka berburu kuliner demi pengalaman merasakan berbagai makanan, tentu belum lengkap rasanya kalau kalian tidak mencoba untuk mengunjungi kota yang satu ini. Selain memiliki beragam produk cinderamata khas Jambi, wilayah ini juga memiliki banyak jenis makanan khas yang wajib dicoba para pecinta kuliner. Berikut 7 rekomendasi makanan khas Jambi yang siap menggoyang lidahmu.

1. Gulai Tepek Ikan, makanan khas Jambi dengan kuah yang lebih segar

Nama makanan ini mungkin terdengar agak asing bagi sebagian orang. Tapi jangan salah, makanan khas Jambi yang satu ini terkenal sebagai menu yang unik. Dari bentuk penyajian dan bahan utama yang dipakai, mungkin hanya tampak seperti pempek yang dikasih kuah gulai. Tapi, yang membuat makanan ini menjadi sangat unik adalah cita rasanya yang segar karena terdapat irisan buah nanas yang memberi rasa sedikit asam. Nah, kalian yang sedang atau ingin berkunjung ke Jambi, wajib mencoba makanan yang satu ini.

2. Olahan Mie Celor dengan kuah spesial

Makanan khas Jambi selanjutnya adalah mie Celor. Kalau kalian berencana untuk berkunjung ke Jambi, kalian bisa menemukan makanan satu ini hampir di sepanjang jalan. Kalau berbicara tentang apa yang khas dari mie Celor di antara mie-mie yang lain, tentu adalah aroma rempahnya yang sangat kuat, khas makanan melayu. Selain dikenal sebagai makanan khas Jambi, ,mie Celor mungkin juga dikenal makanan khas Palembang dan Padang, tapi yang membedakannya dengan mie Celor Jambi adalah kuahnya. Kuah mie Celor Jambi tidak sekental kuah mie Celor Palembang dan Padang.

3. Gulai Terjun dengan rasa yang kuat

Di Jambi sendiri, Gulai Terjun ini lebih dikenal sebagai makanan khas dari Kabupaten Sarolangun, yakni sebuah kabupaten di sebelah timur laut dari provinsi Jambi. Bagi orang Jambi sendiri, gulai Terjun ini merupakan sajian harian karena biasa menjadi lauk sehari-hari. Laiknya gulai pada umumnya, kuahnya berbahan dasar santan kelapa, namun tidak begitu kental. Sementara, bahan utamanya adalah daging sapi, kambing, atau bisa juga kerbau.

4. Olahan ikan air tawar Kerutup Ikan

Makanan khas Jambi berikutnya adalah Kerutup Ikan. Makanan yang satu ini biasanya dibuat dari bahan dasar ikan air tawar, seperti nila, gurame, atau ikan mas. Nah, yang unik dari kerutup ikan adalah proses memasaknya yang menggunakan bungkus daun pisang yang sudah dilumuri bumbu dan tentunya rempah-rempah khas makanan melayu, selanjutnya digoreng hingga masak.

5. Kue Putri Kandis yang banyak muncul saat Lebaran.

Setelah dari makanan-makanan berat, sekarang kita beralih ke kudapan-kudapan ringan khas Jambi. Makanan yang satu ini bernama kue Putri Kandis. Belum jelas mengapa kue tradisional kota Jambi tersebut dinamai demikian. Sekilas kue Putri Kandis ini memang tampak seperti bolu lapis pada umumnya, tetapi yang menjadikannya unik adalah kue ini biasa menjadi salah satu hidangan penting di Jambi waktu lebaran.

6. Kue tradisional Padamaran

Makanan khas Jambi selanjutnya adalh kue Padamaran. Kue ini merupakan salah satu kue tradisional dari Jambi. Tekstur dan rasanya mungkin mirip dengan bubur sumsum. Namun, perbedaannya adalah selain warnanya, kalau bubur sumsum gula merahnya disiramkan di bagian atasnya, sementara kue Padamaran gula merahnya berada di bagian bawah.

7. Bolu Kojo berwarna hijau

Makanan khas Jambi yang terakhir ini adalah bolu Kojo. Si legit hijau khas Jambi ini sering dijadikan oleh-oleh khas Jambi bagi para pelancong yang berkunjung ke Jambi. Namun bagi masyarakat Jambi sendiri, bolu Kojo ini sebenarnya merupakan makanan yang biasa dihidangkan sebagai kudapan untuk berbuka puasa.

Demikianlah tadi beberapa rekomendasi makanan khas Jambi yang wajib kalian coba jika berkunjung ke Jambi, jangan lupa cari juga minuman khas Jambi untuk menenemaninya. Tentu saja, traveling tanpa mencoba pengalaman merasakan kuliner khas dari daerah tersebut akan terasa kurang lengkap. Perlu juga untuk mencari souvenir khas Jambi supaya makin komplit. Bagaimana, ingin berkunjung ke Jambi?

Leave a Reply

Your email address will not be published.