Pilah-pilih 5 Oleh-oleh Khas Jambi

Jambi dikenali sebagai salah satunya wilayah yang cukup sejuk di sisi tengah Sumatera. Dengan luasnya teritori perkebunan dan kehutanan, Jambi mempunyai bermacam olahan alam sebagai oleh-olehan ciri khas wilayahnya. Nach, buat kamu yang atau ingin berekreasi ke wilayah Jambi, sebaiknya baca 5 referensi oleh-olehan ciri khas Jambi ini.

1. Tempoyak Jambi dengan citarasa olahan khas durian

Tempoyak sebagai olahan berbentuk peragian dari daging buah durian yang telah masak. Umumnya, tempoyak dipakai untuk menambahkan cita-rasa dari masakan dengan bahan baku ikan. Karena rasanya yang asam dan sedikit manis, tempoyak kerap dipakai oleh warga sekitaran perkebunan durian untuk perkuat cita-rasa masakannya.

Tempoyak Jambi sebagai salah satunya oleh-olehan ciri khas yang cukup unik. Dulu, cuma kelompok bangsawan yang dibolehkan konsumsi olahan tempoyak. Bersamaan mengembangnya jaman, sekarang semua kalangan masyarakat dapat konsumsi tempoyak yang banyak mengandung nutrisi dan kaya rasa ini. Nach, untuk kamu yang ingin bawa oleh-olehan berbentuk tempoyak jambi, persiapkan tempat kedap udara ya. Karena tempoyak jambi dikenali mempunyai wewangian yang lumayan kuat.

2. Lempok Durian dengan teksturnya yang lembut

Lempok ialah olahan lain dari buah durian. Dibuat dari 3 bahan baku yakni durian, gula, dan sedikit garam. Lempok mempunyai struktur yang serupa dengan dodol ciri khas Garut. Cukup lekat dengan cita-rasa yang manis legit. Wewangian yang dibuat juga ciri khas, harum durian alami. Buat pencinta durian, kamu harus mencicip oleh-olehan ciri khas Jambi ini.

3. Kopi AAA, kopi pilihan masyarakat Jambi

Bermacamnya komoditas perkebunan di Jambi hasilkan keberagaman tipe olahan yang dipasarkan dan jadi oleh-olehan. Kopi cap AAA misalkan, sebagai hasil olahan biji kopi opsi yang diolah berdasar resep turun-temurun dan lintasi angkatan. Semenjak tahun 1966, kopi AAA sudah jadi minuman opsi warga Jambi. Dengan warna hitam pekat dan cita-rasa yang unik, kopi AAA pelan-pelan ganti dari sekadar produk buatan lokal jadi produk ciri khas yang rekat dengan gambar Jambi.

4. Batik Jambi untukmu pecinta fashion

Selainnya oleh-olehan berbentuk olahan perkebunan, Jambi mempunyai kerajinan batik dengan pola yang unik. Dengan opsi warna jelas yang cukup tegas, batik Jambi biasa memvisualisasikan hubungan sehari-harinya warga di tempat dengan alam tempat dia tinggal. Ini kelihatan dari pola yang berwujud buah-buahan, tanaman, sampai perahu nelayan. Jika kamu jemu dengan oleh-olehan berbentuk olahan kulineran, batik Jambi ini dapat kamu menjadikan alternative opsi oleh-olehan yang lebih tahan lama dan ringkas.

5. Otak-otak, hadirkan citarasa lezat

Olahan yang ini erat berkaitan dengan adat kulineran Melayu. Memakai bahan baku berbentuk ikan tenggiri, otak-otak ciri khas Jambi sebagai salah satunya oleh-olehan pada harga yang cukup dapat dijangkau. Meski begitu, olahan kulineran ini gampang sekali hancur dan jadi tidak lezat, hingga bukan opsi khusus buat kamu yang dari luar pulau Sumatera.

Nach, tersebut 5 oleh-olehan ciri khas Jambi yang dapat kamu menjadikan bungkusan untuk keluarga, rekan paling dekat, atau orang tercintamu. Dimulai dari olahan kulineran sampai olahan tekstil, oleh-olehan ciri khas Jambi itu terlihat benar-benar unik, kan? Mari, mumpung masihlah ada kesempatan, boyong semua oleh-olehan ciri khas Jambi ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.