Berita  

Sering mendengarkan musik menggunakan earphone? STOP!

Sering mendengarkan musik menggunakan earphone? sebaiknya kurang-kurangi. Banyak Study yang menyatakan bahwa terlalu sering mendengarkan musik dengan earphone dapat mengganggu pendengaran dan membuat kuping kita menjadi sakit. Belakangan ini banyak dari kita yang sering menggunakan earphone sampai berjam-jam. Baik itu untuk main game, mendengarkan musik bahkan menonton film di gadget kalian.

Setelah beberapa minggu ketika anda sering menggunakan earphone biasanya anda mulai merasakan effek negatif yang akan muncul, yaitu:

  • Telinga berdenging.
  • Kotoran telinga menumpuk.
  • Sakit di telinga sebelah kanan.
  • Gatal di telinga sebelah kiri.
  • Saat telinga kiri yang gatal dikorek dengan kuku, terdengar bunyi kresek-kresek.
  • Setelah beberapa bulan mengurangi pemakaian earphone untuk waktu yang cukup lama, saya mulai merasakan hal yang sangan berbeda, kecuali rasa gatal yang masih sangat terasa karena mungkin effek dari kulit yang mengelupas.

Akhirnya suatu hari kuku kelingking saya berhasil menarik keluar benda di gambardi atas.

Itu sepertinya adalah kulit liang telinga yang mengelupas. Mengapa mengelupasnya lebar seperti kulit ari salak begitu- saya tidak tahu. Yang jelas sejak berhenti menggunakan earphone yang seperti itu tidak pernah terjadi lagi.

Buat para pembaca, saya mohon dengan sangat untuk tidak menggunakan earphone terlalu lama. Selain itu jangan tiru kelakuan saya yang mengorek telinga pakai kuku karena nanti bisa merusak telinga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.