5 Olahan Ikan Lezat Kuliner Khas Jambi

Beragam tipe ikan bersebaran di perairan nusantara. Beragam jenis olahan ikan juga dapat kita dapatkan secara mudah setiap wilayah, misalkan di Jambi. Ada beragam jenis olahan masakan dengan bahan dasar ikan yang paling disukai, bukan hanya oleh warga asli Jambi, tapi juga oleh beberapa pelancong. Nach, bila sekarang ini kamu sedang ada di Jambi atau merencanakan untuk liburan ke situ, ada banyak olahan ikan yang pantas kamu coba!

1. Tempoyak Patin yang pedas dan asam

Untuk kamu pencinta durian harus coba kulineran yang ini. Namanya ikan lele tempoyak. Dari namanya, tidak ada embel-embel kata durian di situ. Tetapi masakan yang ini dengan bahan dasar buah durian yang difermentasikan dengan ikan lele fresh.

Karena sudah lewat reaksi peragian, masakan ini akan mempunyai rasa yang sedikit asam. Tetapi Anda tak perlu cemas, kombinasi rasa asam, manis dan pedas yang bersatu menjadi satu pasti pas di lidah Anda!

2. Kari Ikan Tepek Segar

Siapakah yang tidak paham kari? Makanan yang dekat sama rempah-rempah ini telah lama jadi makanan keluarga di Nusantara. Nach, di Jambi ada juga menu gulai ciri khas yang harus kamu coba. Namanya Tepek Kari Ikan.

Sedikit berlainan dengan menu gulai secara umum, gulai ini dibikin dari ikan tenggiri atau ikan gabus yang ditepuk-tepuk atau dibuat gepeng. Ke-2 nya sebagai tipe ikan yang gampang diketemukan di Sungai Batanghari. Disamping itu, kuah dalam gulai ini rasanya lebih asam karena ada kombinasi nanas didalamnya.

3. Pempek Ikan Gurih Jambi

Bila Anda menduga pempek cuma berada di Palembang, karena itu Anda salah besar. Di Jambi banyak juga ada warung makan yang menawarkan menu yang ini. Letak ke-2 kota yang bersisihan memang membuat beberapa kesedapan kulineran mereka mempunyai kemiripan.

Untuk Anda pencinta Pempek Palembang, tidak ada kelirunya untuk coba hidangan sedap yang ini!

4. Keripik ikan dengan bumbu kunyit spesial

Seterusnya, makanan ciri khas dari Jambi ini namanya krupuk ikan. Bukan krupuk ikan, ya! Sajian ini umumnya dibuat dari ikan air tawar seperti ikan nila, kakap atau ikan mas.

Sepintas memanglah tidak ada yang lain dengan ikan goreng secara umum. Tetapi bila jadi perhatian dengan cermat dan pernah mencicipinya, bakal ada rasa yang sedikit berlainan. Pembikinan krupuk ikan umumnya memakai daun kunyit sebagai salah satunya bumbunya. Perihal ini pula yang selanjutnya membuat menu makan ini kelihatan lebih ciri khas dari ikan goreng biasa.

5. Otak Jambi yang Lezat

Makanan yang paling akhir ini sebetulnya sangat umum dan dapat diketemukan nyaris di semua penjuru nusantara. Yap, otak-otak sebagai salah satunya tipe makanan yang paling ramah di kelompok lidah orang Indonesia.

Dari sisi performa, tidak ada ketidaksamaan di antara otak di wilayah lain dengan otak di Jambi. Tetapi harus diingat, otak-otak ini dibuat dari ikan yang selanjutnya dibumbui atau rempah ciri khas Jambi. Berikut yang selanjutnya jadi keunikan otak yang tersebar di wilayah lain.

Tersebut beberapa referensi masakan ciri khas Jambi yang perlu Anda coba saat bertandang ke Jambi. Yang mana memancing ketertarikan Anda untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published.